HPV merupakan singkatan dari Human papillomavirus adalah salah satu jenis virus yang dapat menimbulkan kutil di bagian tertentu tubuh. Virus ini dinyatakan sebagai salah satu penyebab kanker serviks. Maka dari itu vaksin HPV juga sering disebut dengan vaksin kanker serviks.

Vaksin kanker serviks atau HPV adalah salah satu cara paling awal untuk mencegah kanker serviks karena menurut penelitian, pemberian vaksin HPV terbukti mencegah HPV hingga 90%. Bahkan bisa menjadi 99% jika diberikan pada anak yang umurnya antara 9–13 tahun.

Manfaat Vaksin Kanker Serviks

1. Pemberian vaksin kanker serviks usia 9–13 tahun / belum pernah berhubungan badan, memiliki tingkat efektivitas sebesar 90% (dikutip dari detik.com.

2. Pemberian vaksin HPV usia diatas itu 15–40, efektivitas hingga 85%

3. Lewat dari itu maka efektivitas menurun makin kecil. Namun biasanya jika usia lanjut tidak memerlukan vaksin HPV lagi. Tetapi jika tetap mau maka tetap bisa melakukannya.

Efek Samping Suntik Vaksin HPV

Efek Samping Vaksin

Efek samping suntik HPV dibagi kedalam 3 bagian:

Efek Samping Umum: Kemerahan, memar, gatal, bengkak, nyeri, atau selulitis. Sakit kepala, demam, mual, nyeri di lengan. Efek samping umum ini memiliki jangka waktu yang sangat pendek, biasanya 1–4 hari.

Efek Samping Jarang Terjadi: biduran / merah gatal. Ini jarang sekali terjadi yakni 1 dari 1000 dimana jika di persentasekan sebesar 0.1% atau 0.001 kejadian.

Efek Samping Langka: Kesulitan bernafas. Namun kejadian ini sangat langka sekali terjadi yakni sebesar 0.01%

Efek samping yang terjadi mungkin saja ada beberapa lagi oleh karena itu pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter yang melakukan penyuntikan. Perlu diketahui bahwa semua efek samping tersebut hampir sama dengan efek samping setelah imunisasi. Jadi tidak usah takut karena manfaatnya jauh lebih besar dari pada efek sampingnya.

Bagaimana Cara Pemberian Suntik Vaksin Serviks

Vaksin serviks biasanya disuntik pada bagian lengan tangan. Dosisnya sendiri 3x yang mana artinya pemberian suntik HPV dilakukan bertahap hingga 3x suntik. Interval jaraknya 0,2,6. Jadi totalnya sekitar 6 bulan.

Siapa Saja yang Perlu Melakukan vaksin HPV?

Suntik hpv pada kebanyakan dilakukan kepada wanita namun perlu juga diketahui bahwa pria juga bisa menerima vaksin ini. Pemberian suntik HPV pada pria bertujuan untuk meminimalisir penyakit kutil kelamin yang mana salah satu sumbernya juga dari pria.

Bagaimana Serviks Menyerang?

Perkembangan serviks yang paling sering terjadi adalah dari gonta ganti pasangan saat berhubungan karena virus ini berkembang dari berhubungan. Virus ini tumbuh di organ inti maka dari itu jika membahas serviks pasti bahasannya seputar organ intim wanita.

Jenis Vaksin HPV atau Kanker Serviks

Vaksin serviks ada beberapa jenis namun yang akan kita bahas disini hanya 2 saja karena di Indonesia lebih banyak 2 jenis ini saja.

1. Cervarix. Vaksin ini memiliki 2 strain yaitu strain 16 dan 18. Jenis vaksin ini cuma untuk wanita saja. Sedangkan dosisnya 3x penyuntikan. Jadi harus ada jarak untuk tiap kali penyuntikan. Harganya juga lebih murah biasanya yaitu seharga 600–900ribu rupiah untuk tiap kali suntikan.

2. Gardasil. Vaksin ini memiliki tambahan 2 strain dari yang sebelumnya yakni 6 dan 11, jadi totalnya 4 strain. Ini dinyatakan penyempurnaan dari yang sebelumnya. Namun jumlah suntikannya masih sama yaitu sebanyak 3x. Untuk harga sendiri jenis ini sedikit lebih mahal yakni 800–1,5juta untuk sekali penyuntikan. Jenis vaksin ini bisa digunakan terhadap pria.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi seperti gardasil9 yang memberikan perlindungan lebih lengkap. Namun di Indonesia yang populer hanya 2 ini saja. Tentu kita tidak akan membahas semuanya.

Syarat Vaksin HPV atau Melakukan Suntik Kanker Serviks

– Jika pernah melakukan hubungan seksual maka bisa langsung diberikan.

– Jika sudah pernah melakukan hubungan seksual maka sebaiknya melakukan pap smear terlebih dahulu karena jika sudah terkena kanker serviks maka vaksin kanker serviks tidak akan berjalan sesuai harapan.

– Uang. Tentu harus punya uang karena sampai saat tulisan ini dipublish vaksin HPV belum digratiskan oleh pemerintah.

Pertanyaan Seputar Keamanan Vaksin HPV

Mungkin beberapa dari pembaca masih memiliki beberapa pertanyaan seputar vaksin HPV khususnya seputar keamanan. Sahabat bisa membaca artikel berikut dari kompas dan BBC. Intinya adalah banyak sekali hoax yang berkembang tanpa bukti yang jelas. Tentu semua jawaban tersebut berdasarkan penelitian resmi.

Vaksin HPV Berapa Kali?

Pada pembahasan sebelumnya sudah kita bahas perihal ini. Namun untuk membuat anda makin paham maka jawabannya adalah 2–3 kali. Jika jenis vaksin yang anda gunakan adalah vaksin cervarix maka cukup 2 kali. Sedangkan jika jenisnya gardasil maka 3 kali. Namun di Indonesia umumnya 3 kali yang menggunakan gardasil.

Vaksin HPV Setelah Menikah Apakah Berguna?

Pemberian vaksin hpv setelah menikah sebenarnya tetap berguna namun tidak sebesar ketika blum berhubungan badan. Seperti pernyataan sebelumnya bahwa ketika sudah berhubungan badan maka tingkat efektifitas vaksin HPV mencapai 80%. Hatap mengerti maksud dari kata mencapai.

Harga Vaksin HPV Berapa?

Vaksin HPV memiliki berbagai macam, tergantung dari dimana sobat membelinya. Namun untuk 3 kali suntik biasanya dibandrol dari harga 2,5–5 juta. Jika ingin melihat langsung, sobat bisa melihat di ProSehat yang memberi tahukan harga vaksin dan sering melakukan promo terhadap vaksinasi. Selain itu disini juga memberikan suntik vaksinasi ke rumah. Jadi sobat tidak perlu lagi antre ataupun pusing menunggu jadwal vaksin HPV karena banyak yang malas suntik HPV disebabkan ketidak pastian stok ataupun ribet.

Tempat Membeli Vaksin HPV yang Terpercaya dan Aman

Rumah Sakit. Hampir semua rumah sakit negeri menyediakan vaksin kanker serviks. Namun terkadang juga ada kosong. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menelp terlebih dahulu untuk memastikan ada atau tidaknya. Harganya berkisaran 3–6juta rupiah. Tergantung di rumah sakit mana kamu melakukan penyuntikan.

Prosehat. Prosehat menjadi salah satu (mungkin satu — satunya) start up lokal yang fokus terhadap penjualan / layanan vaksinasi. Disini harga vaksin dijelaskan dan diuparkan dengan jelas. Jadi tidak ada yang ditutup-tutup. Selain itu disini memberikan vaksinasi ke rumah. Maka kamu tidak perlu lagi antre untuk melakukan vaksinasi. Harganya sendiri dibandrol 3,5juta untuk 3 x suntik dan sudah termasuk dokter datang ke rumah. Kalau lagi promo maka bisa dapat harga 2,5juta saja. Murah bukan? Tanya aja dulu ama adminnya karena biasanya adminnya bisa membantu kalau ada promo.

Klinik Vaksin. Saat ini cukup menjamur klinik vaksinasi namun harus lebih hati — hati jika ingin memilih klinik yang umum karena kasus yang lalu masih membekas dibenak kita. Namun sekarang klink vaksin sudah banyak yang terpecaya.

Fatwa MUI Perihal Vaksinasi Kanker Serviks

MUI belum mengeluarkan fatwa halal untuk kanker serviks namun seperti yang dikutip dari detik.com bahwa IFANCA (salah satu lembaga halal luar negeri) sudah memberikan sertifikat halal untuk vaksin HPV dan PCV. Sedangkan indonesia baru mengeluarkan sertifikat halal untuk vaksin meningitis dan vaksin flu.

Semua tentu kembali kepada sobat apakah mau melakukan vaksin hpv atau tidak. Namun jika berniat melakukan vaksin hpv maka ada baiknya melihat dulu ke ProSehat.com untuk memeriksa harganya. Apakah sudah cocok dengan keuangan sobat atau belum karena BPJS / Pemerintah belum menggratiskan vaksin HPV ini.

Btw, ada sedikit sponsor link dari gorden jakarta, buat kamu yang ingin membeli gorden maka bisa memilih jakartagorden.com yang menyediakan gorden murah jakarta yang lengkap..