Piala dunia yang hadir hanya sekali 4 tahun ini tentu membuat orang sangat antusias dalam berbagai hal. Salah satunya dalam hal teknologi canggih yang hadir pada event ini. Tentu teknologi canggih akan sangat membantu dalam kegiatan sepak bola nantinya.

Teknologi canggih yang hadir pada piala dunia 2018 kali ini adalah sebagai berikut

1. VAR / Video Assistant Referee

Salah satu teknologi canggih yang hadir pada piala dunia kali ini adalah Video Assistant Referee atau video asisten wasit. Tujuannya adalah untuk membantu wasit utama dalam menggambil keputusan ketika terjadi masalah.

Hasil dari VAR ini diklaim akan sangat akurat dalam membantu wasit tengah lapangan untuk mengambil keputusan. Bagaimana tidak, VAR ini diawasi oleh 13 orang sekaligus. Kemudian 13 orang tersebut akan memberikan saran kepada wasit yang memimpin lapangan untuk mengambil keputusan.

Jadi disini keputusan yang diambil oleh wasit pemimpin lapangan berdasarkan saran dari VAR. Namun hanya sebatas saran, ketika wasit tengah lapangan sudah memutuskan maka saran tersebut bisa saja ditolak atau diterima.

Beberapa kecaman dari berbagai pihak juga terjadi pada teknologi VAR ini karena dianggap akan mengurangi sensasi drama dari sepak bola itu sendiri. Seperti yang diketahui bahwa bumbu manis dari lapangan sepak bola adalah banyaknya drama yang terjadi di lapangan hijau tersebut.

2. Goal Line Technology

Goal Line Technology

Goal Line Technology pada dasarnya sudah dipakai pada piala dunia sebelumnya. Namun pada piala dunia sebelumnya Goal Line masih ditahap uji coba. Namun sekarang sudah dipakai secara penuh.

Penggunaan goal lin ini diharapkan bisa meminimalisir kejadian pada 2010 silam. Dimana pada 2010 silam tendangan Frank Lampard kearah gawang yang melewati batas gawang justru dianulir oleh wasit. Oleh karena ini Goal Line diyakini bisa meminimalisir hal tersebut.

3. Bola Telstar

Bola Telstar menjadi salah satu bola dengan teknologi yang baik didalamnya. Bola buatan dari Adidas ini memberikan teknologi canggih yang mungkin belum ada pada bola – bola sebelumnya. Teknologi itu disebut NFC (Near Field Communication).

Teknologi NFC ini bertujuan untuk Anda pemilik smartphone untuk merasakan ketika bola ditendang. Smartphone Anda akan bergetar setiap bola tersebut ditendang. Tentu sensasi yang luar biasa bukan.

Namun ada beberapa kritikan terhadap teknologi bola kali ini. Bola yang didesign tanpa menggunakan jahitan ini dikatakan lebih liar untuk ditangkap. Setidaknya 3 penjaga gawang menyatakan bahwa bola sangat sulit ditangkap pada bola kali ini.

Penjaga gawang yang mengutarakan kritikannya adalah Reina, De Gea, Andre ter Stegen yang mengutarakan hal serupa. Serta beberapa orang menyatakan bahwa hal itu disebabkan NFC yang ada dalam bola tersebut hingga membuat bola sedikit lebih liar.

4. 4K UHD Video & VR

Teknologi satu ini memang memberikan kesan yang lebih baik lagi bagi para penonton televisi. Dengan adanya teknologi 4K UHD ini diyakini bisa membuat penonton makin nikmat menonton laga piala dunia kali ini.

5. Big Bang Referee (Jam Tangan)

jam tangan big bang

Jam tangan satu ini dibuat oleh Hublot yang memberikan teknologi canggih pada jam tangan wasit kali ini. Diberikan nama Big Bang karena harganya yang cukup mahal yakni mencapai 37juta rupiah.

Harga yang cukup mahal tersebut dikatakan cukup wajar mengingat hanya diproduksi dengan edisi terbatas dan dilengkapi OS Wear dari Google. Selain itu jam tangan ini terintegrasi dengan teknologi garis gawang.

Sekian dulu ulasan kami kali ini. Bagaimana menurut Anda? Cukup wow bukan?