Seiring perkembangan zaman maka teknologi cctv juga makin berkembang pesat. Oleh karena itu disini kita akan membahas tentang pemilihan mana yang lebih baik CCTV digital / smart CCTV / IP Cam (istilahnya saja berbeda-beda namun intinya hampir sama karena berbasis internet) atau CCTV Analog.

Untuk diketahui bahwa CCTV analog adalah jenis CCTV yang biasa kita kenal. Dimana CCTV jenis ini menyimpan hasil rekamannya dihard disk khusus. Tentu ketika kamu membeli CCTV analog maka kamu perlu juga membeli hard disk untuk menyimpang semua rekaman dari CCTV tersebut.

Sedangkan CCTV digital biasanya tidak terlalu memerlukan hard disk. Kamu juga bisa simpan di google drive jika kecepatan internet kamu mumpuni. Namun kelemahan dari CCTV digital ini adalah kamu harus memiliki kecepatan internet yang cukup baik. Tau sendiri kan mereka akan mengerjakan proses pemindahan data dari rekaman ke cloud. Maka dari itu internet juga harus cepat.

Pertanyaannya adalah mana yang terbaik? Berikut perbandingannya

1. Kualitas Kamera

Baik analog dan digital sebenarnya hampir sama saja kualitas kameranya karena mereka menggunakan lensa sendiri. Jika lensa 1:1 maka tentu hasil kameranya akan sama. Jadi jika ada yang bilang berbeda, mungkin perlu minta penjelasan lebih detail.

Baca Juga: 5 Teknologi Canggih yang Hadir di Piala Dunia 2018

2. Biaya

Biaya awal untuk kamera analog memang lebih tinggi dari digital hal ini dikarenakan kamu harus melakukan penyimpanan khusus di hard disk sedangkan digital tidak terlalu memerlukan hal tersebut. Namun jika dihitung jangka panjang maka digital juga akan mengeluarkan biaya internet yang bisa dibilang cukup tinggi. Selain itu ketika internet kamu mati maka mau tidak mau CCTV juga tidak bisa aktif dengan sempurna.

Baca Juga: 6 Cara Download Video Youtube

3. Tingkat Kenyamanan Kontrol Jarak Jauh

Kelebihan utama CCTV digital adalah kamu bisa melakukan kontrol jarak jauh. Hampir semua CCTV digital saat sekarang ini bisa dikoneksikan dengan smartphone Anda. Tentu ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin melakukan pengawasan sekaligus. Sedangkan di CCTV analog maka hal ini tidak bisa dilakukan segampang itu.

Baca Juga: 10 Bisnis Online Terbaik

4. Tingkat Keamanan

Untuk masalah tingkat keamanan maka CCTV digital akan mati ketika internet mati sedangkan CCTV analog akan mati kalau listrik padam atau alat penyimapanannya dirusak. Mana yang lebih aman? CCTV analog mungkin ada kelebihan disini.

5. Trend Zaman

Melihat trend zaman sekarang ini maka analog akan menjadi trend yang akan terus berkembang pesat. Tidak menutup kemungkinan semua fitur di CCTV analog juga bisa dipergunakan di CCTV digital. Hal ini tentu saja wajar mengingat tingkat kebutuhan keamanan setiap orang meningkat dari waktu ke waktu.

Namun pada akhirnya tentu semua kembali lagi kebutuhan Anda. Penulis sendiri lebih suka menggunakan CCTV digital karena bisa memantau langsung kegiatan orang yang ingin kita pantau. Jadi semua kembali kekebutuhan masing – masing.