Dunia web design merupakan hal yang sangat mudah jika Anda tahu dulu seluk-beluknya sebelum memulai. Anda jangan menanamkan bahwa susah untuk mempelajarinya, karena jika sudah seperti itu, akan sangat sulit untuk mempelajarinya.

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara belajar web untuk pertama kalinya, terlebih dahulu yakinkan niat dan tetapkan mental. Jika sudah begitu Anda dapat dikategorikan siap untuk masuk ke Dunia web design ini. Karena akan banyak sekali tahapan ketika Anda sudah terjun di dalamnya.

Inilah Dasar-dasar Sebelum Terjun di Dunia Web Design

Kenali Dasar-Dasar HTML

HTML adalah pemrograman web paling dasar yang harus Anda ketahui. Anda harus memahami betul fungsi-fungsi dari setiap tag yang ada pada html, apa kegunaannya, dan bagaimana hasilnya. Cobalah sesekali membuat studi kasus tentang hal ini.

Semakin banyak praktek, maka Anda akan semakin mudah memahami setiap tag yang ada. Seperti penggunaan <html> atau <body>, <table> dll. Bagi yang  pertama kali mempelajarinya, bisa mencoba studi kasus membuat sebuahlayout web sederhana yang terdiri dari header, main content, sidebar, dan footer.

CSS Untuk Style

Untuk memperindah layout atau tampilan web yang sedang Anda buat, penggunaan CSS sangat diperlukan. CSS adalah syarat yang harus digunakan dalam membuat sebuah web. Tidak semua hal bisa dilakukan oleh tag HTML, karena tag HTML cuma sebuah kerangka.

Jika ingin lebih jauh memahaminya, cobalah belajar dari template-template cms gratis. Tidak usah menggunakan  yang berbayar, karena kami yakin Anda pasti lebih memilih gratisan daripada berbayar.

Sketch Konsep

Hal ini berbeda dengan studi kasus diawal yang Anda lakukan saat belajar HTML. Disini Anda akan membuat setiap detaildari brief yang Anda punya. Ini penting dilakukan sebelum Anda membuat web jadi, karena ini akan memudahkan dalam proses pengerjaan web.

Jika pada tahap ini, setiap detail sudah Anda buat, maka saat pembuatan web Anda tidak perlu memikirkan detailnya lagi, Anda tinggal melakukan apa yang sudah Anda tuliskan.

Buat Wireframe/Mockup

sampel mock up apple

Setelah Anda membuat sketch konsep, Anda sudah memiliki detail web yang ingin Anda buat, Anda bisa mewujudkannya kedalam semua wireframe atau mockup. Ini dilakukan agar Anda lebih mudah untuk memvisualisasikan hasil web yang akan Anda buat nantinya.

Tapi, jika tahap ini dirasa membuang terlalu banyak waktu, Anda bisa melewatinya. Ada baiknya saat masih dalam proses belajar, tidak ada salahnya Anda melakukan tahapan ini.

Wujudkan Mockup Dengan Memadukan HTML dan CSS

Setelah semua persiapan selesai, Anda sudah punya konsep web, detail dari apa saja yang ingin Anda isi dalam web, sekarang Anda bisa mewujudkannya dengan memadukan tiap tag HTML dan CSS. Proses ini adalah proses penentuan apakah ide tersebut berhasil terwujud atau tidak.

Anda mungkin akan menemukan bermacam-macam permasalahan, tapi tidak banyak. Ini karena apa yang kita lakukan dalam poin-poin yang kami sebutkan sebelumnya hanya untuk membuat sebuah website statis dengan dasar pemrograman web.

Itulah hal-hal yang harus Anda pelajari terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun ke Dunia web design. Karena bila Anda sudah memasuki bidang ini, akan banyak sekali tuntutan di lapangan yang harus dengan sigap di tanggapi. Jadi teruslah mengulang-ulang hingga Anda menjadi lancar.

Dan perlu di ingat dalam pembuatan Dunia web design, itu susah-susah gampang, tergantung Anda yang mau belajar atau tidak. Jadi sering latihan adalah kunci utamanya.

Buat kamu yang mau buat website, pasti butuh hosting dong ya. Kamu bisa coba jagoweb.com karena lagi ada diskon 40% dengan menggunakan kode promo TEKNO40 untuk berbagai paket hosting unlimited. Selain itu buat butuh ukuran hosting kecil atau hosting murah maka bisa menggunakan kode promo JAGOWEB10

Buat yang sudah paham tentang web design, yuk take action dari sekarang.