Dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi seperti tidak bisa dihindari lagi. Begitu banyak teknologi zaman sekarang yang ditujukan untuk menggantikan posisi manusia dalam tugas bekerjanya. Meskipun tidak bisa diklaim bebas tanpa tangan manusia namun beberapa hal penting bisa menjadikan alat tersebut menjadi solusi bagi berbagai kebutuhan bisnis.

Seperti yang sempat hangat beberapa waktu belakangan yaitu trend rumah pintar yang diperlihatkan oleh Mark. Divideo tersebut terlihat bahwa Mark memerintahkan apapun di rumahnya hanya bermodalkan suara saja. Tentu ini membuat orang menjadi terkejut dan tercengang. Meskip ada beberapa yang bilang itu hanyalah video belaka namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa terjadi.

Oleh karena itu, kami merangkum 6 teknologi ini bisa menggantikan pekerjaan manusia

1. Chatbot


Perkembangan chatbot makin sekarang makin canggih saja. Seiring perkembangan teknologi AI (artificial intelligence) membuat chatbot ini makin dilirik oleh berbagai kalangan. Salah satu pengaplikasian sederhananya adalah pada siri ataupun oke google.
Pengaplikasian yang terlihat sederhana namun sebenarnya cukup kompleks. Jika dikembangkan lebih jauh, sudah banyak loh Market Place yang menggunakan chatbot sebagai wadah awal untuk chat dengan customer. Jadi customer cukup menanyakan apa yang mereka butuhkan dengan chatbot tersebut.

2. Robot Operasi

Penggunaan robot operasi bedah sudah lumrah dilakukan oleh negara maju seperti Amerika Serikat. Tujuannya adalah meminimalisir resiko terjadinya error yang biasa dilakukan oleh manusia. Selain itu tentu ini juga bisa meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan jika dikerjakan oleh full manusia karena akan sangat mahal.
Namun, tentu pengerjaan sendiri tetap perlu diawasi oleh dokter yang berpengalaman. Jadi masih belum full penggunaan robot pada teknologi ini. Tetapi jika dikembangkan lebih jauh, tidak menutup kemungkinan tidak memerlukan tenaga medis dalam jumlah banyak lagi kedepannya.

Baca Juga: 30 Bisnis Online Terbaik Untuk Semua Kalangan

3. Drone

Drone merupakan salah satu bentu perkembangan teknologi penerbangan. Drone ini sangat gampang digunakan dan banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dengan drone tersebut. Drone sendiri bisa menggantikan berbagai tugas seperti pemupukan, pencarian orang di hutan dan daerah terpencil dan peliputan berita dari udara.

Tugas yang diemban oleh drone sendiri tentu akan meminimalisir penggunaan manusia untuk pemupukan dan pencarian orang hilang. Bahkan beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa untuk pengebomam juga menggunakan drone. hhhmm,, menakutkan juga bukan.

4. Robot Pintar

Robot pintar menjadi salah satu perbincangan hangat beberapa waktu belakangan. Meskipun pada perkembangannya zaman sekarang baru bisa mengerjakan 2-3 tugas saja namun itu bukti perkembangan lebih baik lagi. Beberapa jenis robot ini bahkan bisa berbincang dengan manusia untuk mengobrol sehari – hari. Bahkan dibeberapa restoran jepang sudah menggunakan robot ini loh.

Robot yang dipakai biasanya untuk mengerjakan hal – hal simpel seperti mengantar makanan, menanya orderan kepada pembeli dan akhirnya berbincang sederhana dengan pembeli. Terdengar menarik bukan? Namun beberapa tugas manusia terbukti sudah bisa digantikan oleh robot pintar ini.

5. Smart Home Security

Smarthome merupakan salah satu konsepan rumah pintar yang penuh dengan teknologi canggih. Mungkin bahasa ini diadopsi dari smartphone yang mana dikategorikan sebagai salah satu teknologi paling canggih pada saat ini. Nah, dengan menggunakan smarthome pada rumah anda maka anda akan meningkatkan peluang rumah anda terjaga jauh lebih baik lagi.

6. Smart Kasir

Mungkin tidak banyak yang tau atau paham bahwa smart kasis sedang menjadi trend diluar sana. Dimana tujuan utamanya adalah mencegah antrian karena terlalu lama di kasir.Dengan perkembangan teknologi sekarang maka kasir tidaklah terlalu diperlukan lagi. Anda tinggal lewat dengan membawa barang belanjaan kamu maka kamu akan selesai dengan pembayarannya. Tentu ini juga akan beresiko terhadap pekerjaan orang – orang yang biasa menjadi kasir.

Sekian dulu penjelasan kami pada artikel kali ini. Meskipun beberapa teknologi diatas bisa menggantikan tugas manusia namun pada kenyataannya tetap membutuhkan manusia menjadi salah satu operatornya. Selain itu akan membuat manusia semakin efektif dan efisien dalam bekerja.