Warnet atau biasa disebut dengan warung internet adalah salah satu jenis bisnis yang sempat booming pada beberapa waktu dulu. Hal ini booming karena belum meratanya internet di Indonesia. Selain itu, pada beberapa tahun dulu harga internet dan perangkat untuk mengakses internet juga mahal. Maka dari itu suburlah bisnis internet.

Namun suburnya bisnis warnet dahulu kala, apakah bisnis warnet masih berpotensi untuk saat ini? Oleh karena itu mari kita paparkan beberapa aspek

1. Bisnis Warnet di Kota Besar.

Jika Anda berada di kota besar seperti Jakarta maka bisnis ini sudah mulai lesu. Tidak banyak warnet bisa ditemukan di Jakarta. Kebanyakan lebih melihat potensi menjadi warnet khusus game. Jadi ketika melihat ritme ini, pastikan Anda juga melihat terlebih dahulu dimana usaha warnet ini akan dijalankan.

Ketika Anda memutuskan menjalan usaha warnet di daerah maka mungkin masih tetap akan berjalan dengan baik. Tetapi ketika di kota besar khususnya wilayah yang sudah tercover 4G dengan baik maka alihkan menjadi Warnet khusus game. Kenapa? Karena bermain game tetap lebih nyaman bersama-sama teman dari pada sendirian.

2. Warnet biasa atau warnet khusus game

Jika Anda memperhatikan alur bisnis warnet untuk saat sekarang ini maka jawabannya adalah khusus game. Namun warnet game biasanya memiliki biaya maintenance yang cukup tinggi karena kebutuhan internetnya cukup tinggi.

Jika dengan menggunakan indihome paket standart maka warnet game Anda akan sangat lemot sekali. Oleh karena itu perhatikan pemilihan paket internet disini.

Selain itu, dikebanyakan warnet game akan sangat berisik karena mereka biasanya disediakan speaker sendiri. Jadi ada lagi tambahan biaya untuk speaker. Tidak hanya speaker, mouse yang bagus juga diperlukan disini.

3. Menambahkan Mini Warkop di Warnet Anda.

Menambahkan mini warkop di warnet Anda adalah salah satu pilihan yang bijak. Banyak yang main di warnet lupa akan makan, maka dari itu ketika Anda menyediakan makanan akan sangat membantu mereka. Selain itu juga meningkatkan pundi-pundi keuangan Anda. Tentu ini sangat bagus sekali bukan.

4. Keuntungan dari menjual voucher

Keuntungan menjual voucher juga tidak bisa dibilang kecil karena banyak sekali warnet game menggantungkan nasibnya dari sini. Hal ini dianggap wajar karena kita juga membantu perusahaan game untuk bisa berkembang. ketika target sampai maka keuntungan kita juga meningkat.

Jadi untuk pertanyaan apakah bisnis warnet masih berpotensi? Jawabannya masih namun Anda harus mengarah ke warnet game dari pada menjadi warnet biasa. Namun jika sekedar warnet biasa, maka potensinya menurut kami sudah sangat minim sekali.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana analisis biayanya serta keuntungannya? Berhubung menurut kami yang paling berpotensi adalah

Berikut Analisa Biaya Warnet Game untuk 20 komputer
– Biaya 20 CPU dengan spek minimum game : @4.000.000 = 80.000.000
– Biaya 20 TV Standar / LCD 18 inch : @800.000 = 16.000.000
– Biaya 20 Headset, Mouse, Keyboard standar : @200.000  = 4.000.000

Jadi biaya untuk 20 komputer lengkap dengan beberapa printilannya adalah sekitar 100.000.000 sedangkan itu belum termasuk biaya untuk software, maintenance, karyawan dan warung klontong Anda.

Biaya software, maintenance, karyawan dan warung klontong ini sangat beragam. Maka dari itu akan tidak disimulasikan. Selain itu biaya tempat juga di exclude. Sewa tempat tentu tergantung tempatnya.

So, mari mulai bisnis anda dari sekarang.